Kerupuk Palembang

27 November 2010

kerupuk palembang
Kerupuk kemplang palembang adalah merupakan makanan khas palembang yang terbuat dari campuran daging ikan dan tepung tapioka, dengan kombonasi campuran yang pas maka akan menghasilkan kerupuk kemplang yang enak rasanya. Kerupuk palembang mempunyai tekstur yang garing, wangi ikan, dan gurih.

Sebelum membahas lebih jauh tentang kerupuk palembang sebaiknya kita mengetahui sejarah kerupuk kemplang palembang. Sejarah kerupuk palembang di mulai dari satu di salah satu dusun di palembang, yang hidupnya sangat kekurangan, tetapi mereka mempunyai anak yang banyak. Dalam kedaan yang serba kekurangan tersebut mereka tidak mampu lagi membeli beras, maka jalan satu-satunya untuk bertahan hidup adalah dengan menyantap singkong.

Singkong tersebut mereka parut hingga halus kemudian diambil airnya, setelah itu air perasan singkong tadi
mereka jemur hingga kering. Hasil dari penjemuran air singkong itu disebut tepung tapioka, yang kemudian  diolah menjadi kerupuk.

Sekali waktu sang bapak pulang dari memancing disungai dan mendapatkan banyak ikan belida, sang bapak
berpikiran bagaimana jika ikan belida itu jika dicampur dengan tepung tapioka yang mereka makan sehari-hari? Kemudian sang bapak mulai mengupas ikan belida, dipisahkan kulit, daging dan tulangnya, daging ikan di campurlah dengan tepung tapioka, kemudian di bentuk bulat tipis, setelah itu dijemur, setelah kering digorenglah oleh sang bapak, maka jadilah kerupuk kemplang ikan.

Proses pembuatan kerupuk harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu, baca selengkapnya cara membuat kerupuk palembang.

Saat ini kerupuk palembang, dibuat dengan berbagai bentuk dan kualitas yang berbeda-beda pula, beberapa jenis kerupuk kemplang yang beredar saat ini seperti:
- Kerupuk Bola
- Kerupuk Setengah Bola
- Kerupuk Mangkok Besar dan Kecil
- Kerupuk Usus
- Kemplang Mini Kancing
- Kemplang Kancing
- Kemplang Peser.
- Kemplang Udang
- Kemplang Cumi
- kerupuk Kulit
- Kemplang Panggang.

Selain kerupuk kemplang yang sudah di goreng juga tersedia kerupuk kemplang yang belum digoreng. Beberapa keuntungan kerupuk kemplang mentah adalah lebih menghemat tempat dan biaya pengiriman, tetapi jika Anda membeli kerupuk kemplang mentah Anda harus tahu cara menggorengnya, karena jika salah cara menggorengnya maka akan jelek atau tidak mengembang. Maka untuk pelanggan kerupuk kemplang susiana, kami memberikan tips cara menggoreng kerupuk kemplang mentah.

Anda dapat melihat selengkapnya gambar aneka kerupuk kemplang palembang, lihat aneka kerupuk kemplang palembang. Kerupuk kemplang dijual dalam kemasan plastik dengan berbagai ukuran dari ukuran 2 ons, seperempat kg, setengah kg, satu kg.

Masih banyak jenis-jenis kerupuk kemplang yang terdapat dipalembang, lain waktu akan ditambahkan jenis-jenis kerupuk kemplang palembang.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Resep Pempek, Pempek Palembang, Kerupuk Palembang

 
 
Daftar Isis pempek SusianaPempek Susiana Theme | Hubungi saya-Aneka Pempek