Resep Pempek Palembang

20 October 2011

resep pempek palembangPempek palembang adalah makanan khas palembang yang terbuat ikan segar dan dari bahan berkualitas, pempek palembang dibuat dari bahan alami tanpa bahan pengawet, pelembut dan pemutih.

Pempek Palembang dari ibu Susiana baru diproduksi ketika ada pesanan, sehingga kesegaran pempek tetap terjaga. Pempek palembang ibu Susiana dengan rasa yang gurih dan lembut ditambah cuka / cuko yang enak membuat pempek palembang menjadi enak.

Cara membuat pempek palembang menggunakan resep pempek palembang sebenarnya hampir sama dengan cara membuat kerupuk, hanya berbeda banyak campuran tepung tapioka saja. Baiklah untuk menghemat waktu kita langsung saja mengikuti panduan cara bikin pempek palembang.

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan dibawah ini:

- 1500 gram sagu
- 700 gram daging ikan tenggiri ( dapat juga menggunakan ikan gabus, belida, putak).
- 1 gelas air minum
- 2 sendok teh garam makan
- sedikit penyedap rasa (bisa juga tidak)
- Siapkan bahan untuk membuat cuka. Baca disini cara membuat cuko pempek

Cara Membuat pempek palembang asli adalah sebagai berikut:
Campurkan dengan air daging ikan tenggiri yang telah digiling dan tambahkan sedikit garam, aduk sehingga merata. Masukan tepung terigu dengan perbandingan 1 : 2, yaitu 1 bagian ikan 2 bagian tepung terigu. Aduk hingga rata, sampai adonan tidak lengket ditangan.

Untuk mendapatkan hasil pempek yang sama besarnya, sebaiknya anda menimbang adonan pempek sebelum di bentuk. Setekah ditimbang adonan tadi selanjutnya mulailah dibentuk bulat panjang, yang disebut dengan pempek lenjer. Lihat gambar dibawah ini:

resep pempek palembang
Masukan adonan yang telah dibuat kedalam air mendidih, tunggu hingga pempek lenjer mengapung, adonan pempek lenjer kemudian diangkat dan ditiriskan, sebaiknya di beri alas kain yang menyerap air.

Selain cara buat pempek lenjer, Anda juga bisa membuat pempek kapal selam dengan adonan yang sama, kecuali untuk pembuatan pempek adakan agak sedikit berbeda dengan cara membuat pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek pistel.

Cara membuat pempek kapal selam adonan harus dibentuk terlebih dahulu.  isi dengan kuning telor yang telah di kocok. lihat gambar dibawah ini


Tunggu sampai dingin, pempek kemudian diiris kecil-kecil dan digoreng, pempek siap disantap bersama keluarga dan teman-teman Anda. Jika dengan menggunakan resep diatas ternyata Anda belum berhasil membuat pempek palembang yang enak, Jangan kuatir sekarang Anda dapat mengikuti kursus membuat pempek yang dijamin pasti bisa.

Tips singkat membuat pempek palembang:
1. Pilih ikan yang masih segar.
2. Simpan daging ikan giling di dalam freezer
3. Jangan menggunakan air terlalu banyak, akan memnyebabkan pempek menjadi kenyal.
4. Tangan harus diberi tepung kanji agar adonan pempak tidak lengket ditangan.

Selamat belajar membuat pempek dengan menggunakan resep pempek palembang.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Resep Pempek, Pempek Palembang, Kerupuk Palembang

 
 
Daftar Isis pempek SusianaPempek Susiana Theme | Hubungi saya-Aneka Pempek