Cuka Pelengkap Pempek Palembang

12 October 2011

Cara membuat cuka pempek sebagai pelengkap pempek palembang memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, karena makan pempek palembang tanpa dilengkapi dengan cuka maka rasanya seperti makan sayur tanpa garam. Cuka tersedia 2 jenis, yaitu cuka yang sudah jadi dan cuka kering yang memerlukan sedikit pengolahan sebelum di sajikan bersama pempek.

Menyantap pempek palembang, akan terasa lebih enak jika di temani dengan cuka sebagai pelezatnya. Sebagian besar masyarakat palembang yang memang adalah pecinta pempek, mengatakan kalau cukonyo lemak, pasti lemaklah jugo pempeknyo (kalau cukanya enak pempeknya pasti enak juga).

Cuka/cuko memiliki rasanya pedas, sedikit asam, agak sedikit manis dan enak, tetapi untuk rasa pedas dan manis cuka tersebut biasanya di sesuaikan dengan lidah setempat. Misalnya untuk daerah palembang yang memang masyarakatnya tahan dan menyukai rasa pedas cabe yang terkandung di dalam cuka tersebut, maka cuka yang dibuat sangat pedas, sedangkan untuk daerah jawa yang suka rasa manis, maka cuka dibuat dengan rasa manis dan sedikit pedasnya.

Bahkan sebagian masyarakat kota palembang, jika menyantap pempek, satu buah pempek bisa menghabiskan 1 - 2 mangkok kecil cuka,. Luar biasa bukan heheheh.  Bahkan sebagian besar masyarakat palembang mencampur cuka kedalam kuah model ikan atau model gandum.

Di palembang sebagian pembuat pempek palembang, membuat cuka pempek dengan 2 rasa cuka, satu yang terasa pedas sekali, satunya yang sedang pedasnya.

Berikut pempek Susiana produsen pempek palembang membagikan resep cara membuat cuka pempek palembang:

Siapkan bahan-bahan dibawah ini:    

1. 500 gram gula aren atau gula merah (cari yang berwarna agak coklat tua)
2. Asam jawa 50- 100 gram.
3. Udang kering/ebi halus sebanyak 50 gram boleh lebih
4. Air putih yang telah dimasak sebanyak 1,5 liter atau 5 gelas.
5. Siapkan 7 - 10 siung bawang putih, yang terlebih dahulu di cincang halus
6. Kecap manis sebanyak 3 sendok makan.
7. Garam halus beryodium secukupnya
8. Cuka makan sebanyak 3 sendok
9. Cabe rawit sebanyak 2,5 ons, di halus (untuk cuka yang tidak pedas kurangi cabe rawit)
10. Tongcai sebanyak 2 sendok di cincang halus. 

Caranya:

1. Rebus gula merah, asam jawa, hingga larut (api kecil)
2. Masukkan bawang putih, cabai rawit, garam, dan tongcai.
3. Memasukkan bawang putih, tongcai, cabe rawit, garam. aduk hingga rata.
4. Lalu cuka disaring.

Keterangan:
Ebi dan kecap manis digunakan untuk makan pempek lenjer kecil yang dibelah bagian tengahnya.
masukan ebi sesendok kecil lalu tambahkan kecap manis. Enak juga di santap dengan cuka yang dimasak tadi. Bisa juga ditambahkan irisan halus timun dicampur kedalam cuka. Jika Anda belum mengetahui bentuk dari pempek lenjer silahkan lihat aneka pempek palembang.

Tips singkat :
Cari gula jawa atau gula batok yang dibungkus dengan daun pisang, sebab mempunyai aroma dan kualitas yang lebih baik untuk menghasilkan cuka yang sedap. Bagi Anda yang sibuk dan selalu ingin serba instan, pempek susiana menyediakan pempek instans dan cuka kering, untuk menemani Anda menikmati pempek palembang.

Demikianlah resep membuat cuka pelengkap pempek palembang, selamat mencoba membuat cuka pempek. Atau Anda ingin mencoba membuat  pempek? jika berminat silahkan baca resep pempek palembang.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Resep Pempek, Pempek Palembang, Kerupuk Palembang

 
 
Daftar Isis pempek SusianaPempek Susiana Theme | Hubungi saya-Aneka Pempek