Pempek Palembang

11 November 2011

pempekPempek atau empek empek palembang adalah makanan khas palembang yang di gemari oleh penduduk kota palembang dan kota-kota lainnya di Indonesia, dan sejarah pempek atau empek empek palembang pertama kali berasal dari palembang (baca Sejarah Pempek Palembang), maka sampai saat ini pempek terkenal sebagai makanan khas dari palembang.

Pempek atau empek empek dapat dengan mudah dijumpai sepanjang jalan di palembang, ditoko-toko, di emperan, dikantin-kantin sekolah dan di kampus-kampus atau ada juga yang menjual dengan cara berjalan masuk ke perkampungan sambil membawa bakul berisi pempek dan cuka.

Pempek Palembang ada beberapa jenis pempek dan makanan khas palembang ini terbuat dari campuran ikan dan sagu, beberapa pilihan jenis ikan yang bisa digunakan adalah ikan tenggiri/putak/belido/gabus/parang-parang. Setiap produsen pempek palembang mempunyai resep pempek yang berbeda-beda, sehingga rasa dan harga jual pempek akan terasa berbeda pula. Jika harga semakin murah maka rasa pempek akan semakin terasa tidak enak, sebab kandungan ikan dan jenis ikan yang dipakai lebih sedikit.

Pempek palembang yang enak adalah pempek dengan rasa ikan yang sangat terasa, tidak berbau amis dan tidak keras. Tidak semua penduduk palembang dapat membuat pempek yang enak rasanya, karena di perlukan pengetahuan dan resep membuat pempek yang benar. Untuk mendapatkan cara membuat pempek silahkan anda baca resep pempek. selain itu pempek susiana juga memberikan kepada anda cara membuat kerupuk, atau anda ingin menjadi pengusaha pempek atau kerupuk palembang di kota Anda, maka pempek susiana memberikan kepada Anda kesempatan untuk menjadi pengusaha pempek, baca peluang usaha pempek.

Pempek Palembang, disajikan dengan cuka, sebagai pelengkap pempek. Cuka adalah cairan yang berwarna coklat kehitam-hitaman, terasa pedas, manis, sedikit asam. Anda dapat membaca resep membuat cuka pelengkap pempek palembang.

Cuka pempek dibuat dengan rasa yang pedas adalah kesukaan penduduk asli palembang, tetapi sekarang cuka pempek atau cuko pempek dibuat 2 (dua) jenis yang manis dan yang pedas. Hal ini disebabkan oleh karena datangnya penduduk dari pulau jawa yang bermukim di palembang, yang tidak menyukai rasa pedas tetapi mereka lebih menyukai rasa cuka pempek  yang manis.

Pempek palembang dibuat dengan berbagai jenis dan rasa, diantaranya adalah:
pempek kapal selam atau nama lainnya pempek telor besar, pempek telor kecil, pempek keriting, pempek adakan, pempek lenjer besar, pempek lenjer kecil, pempek kulit, pempek pistel (isi pepaya), pempek tahu, otak-otak, pempek panggang, pempek adakan, pempek lenggang. Lihat disini gambar aneka pempek.

Pempek atau empek empek palembang menjamin rasa dan orama pempek yang dibuat. Pempek Palembang dari ibu Susiana adalah tempat belanja pempek online terpercaya, pesan sekarang pempek palembang.

Artikel Terkait

1 komentar:

hi, thanks for sharing this...good work

Pearson Airport Taxi

Post a Comment

Resep Pempek, Pempek Palembang, Kerupuk Palembang

 
 
Daftar Isis pempek SusianaPempek Susiana Theme | Hubungi saya-Aneka Pempek